SHARE

Badan Penghubung Jawa Barat
15649
post-template-default,single,single-post,postid-15649,single-format-standard,bridge-core-2.5.8,ajax_fade,page_not_loaded,,side_area_uncovered_from_content,hide_top_bar_on_mobile_header,qode-theme-ver-24.3,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.4.2,vc_responsive

Desa Wisata

Desa Wisata

Pemerintah Kabupaten Bandung menetapkan 10 desa sebagai desa wisata karena memiliki kekhasan dan ragam seni budaya serta kerajinan. Sepuluh desa wisata itu adalah :

  1. Desa Alam Endah (Kecamatan Rancabali) dengan produk unggulan aneka makanan olahan stroberi, kerajinan tangan, pertanian dan perkebunan.
  2. Desa Mekarsari/Kampung Gambung (Kecamatan Pasirjambu) dengan keunggulan aneka makanan olahan stroberi, kerajinan tangan, peternakan, perikanan, pertanian dan seni budaya
  3. Desa Panundaan (Kecamatan Ciwidey) memiliki produk unggulan peternakan kelinci, pertanian, perikanan dan kerajinan tangan.
  4. Desa Rawabogo (Kecamatan Ciwidey) memiliki produk unggulan peternakan kelinci, pertanian, perikanan dan kerajinan tangan.
  5. Desa Lebakmuncang (Kecamatan Ciwidey) dengan keunggulan kerajinan tangan,
  6. Desa Lamajang (Kecamatan Pangalengan) berupa upacara wuku taun, arung jeram, home stay, kuliner, pertanian dan peternakan.
  7. Kelurahan Jelekong (Kecamatan Baleendah) yang terkenal dengan seni lukis, wayang glek, dan kuliner tradisional.
  8. Desa Ciburial (Kecamatan Cimenyan) dengan kekhasan seni budaya dan peternakan
  9. Desa Cinunuk (Kecamatan Cileunyi) berupa kampung seni dan kuliner
  10. Desa Laksana (Kecamatan Ibun) juga masuk dalam desa wisata dengan potensi Kawah Kamojang dan hasil pertanian/perkebunan.

Menurut informasi dari Dinas Pemuda Olah Raga dan Pariwisata, dari kesepuluh Desa Wisata tersebut, empat desa yang sudah dikelola secara baik, yaitu Desa Lamajang, Jalekong, Cinunuk dan Mekarsari.

Rumah Adat Kampung Cikondang Desa Kamajang

 

Salah satu potensi yang diunggulkan di Desa Lamajang ini adalah adanya Rumah Adat, tepatnya berada di kampung Cikondang. Rumah adat ini memiliki arsitektur rumah tradisional Sunda. Pada tahun 1942, terjadi kebakaran besar di Kampung Cikondang yang menghanguskan kurang lebih 80 rumah, namun tersisa satu rumah yang kemudian sampai saat ini diabadikan sebagai rumah adat tersebut.

Selain rumah adat, desa Lamajang memiliki potensi wisata lainnya yaitu :

  1. Batu Eon yang masih dianggap mistis oleh masyarakat Desa Lamajang.
  2. Cisangkuy Rafting, adalah menjadikan sarana untuk melakukan kegiatan arung jeram/rafting
  3. Perkebunan dan Pertanian, dengan suasana yang indah dengan latar belakang pemandangan gunung tilu
  4. Air Terjun. Curug Ceret dan Curug Ciruntah merupakan curug yag memiliki panorama indah dan karakteristik keunikan tersendiri.
  5. Kerajinan dan Kesenian. Salah satu kerajinan desa ini adalah kerajinan miniature gitar dan kerajinan dari bamboo dengan produk seperti hiasan, aksesoris maupun furniture. Kesenian Beluk dan tarawangsa merupakan kesenian Jawa Barat berupa seni suara menggunakan pupuh yang biasa dipentaskan pada acara syukuran melahirkan, pernikahan atau sunatan serta kesenian tarawangsa yaitu kesenian yang dijadikan symbol ucapan syukur kepada yang maha kuasa atas datangnya masa panen.


WordPress Lightbox Plugin