SHARE

Badan Penghubung Jawa Barat
16659
post-template-default,single,single-post,postid-16659,single-format-standard,bridge-core-2.5.8,ajax_fade,page_not_loaded,,side_area_uncovered_from_content,hide_top_bar_on_mobile_header,qode-theme-ver-24.3,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.4.2,vc_responsive

Industri Kreatif Kota Cimahi

Industri Kreatif Kota Cimahi

Kota Cimahi terletak di sebelah barat Kota Bandung. Cimahi dahulu merupakan bagian dari Kabupaten Bandung, yang kemudian ditetapkan sebagai kota administratif pada tanggal 29 Januari 1976. Pada tanggal 21 Juni 2001, Cimahi ditetapkan sebagai kota otonom.

Perkembangan administrasi Kota Cimahi difokuskan pada pemberdayaan daya beli masyarakat untuk mendorong perkembangan ekonomi kota. Konsumsi dalam negeri telah memainkan peranan yang cukup penting dalam mempercepat pertumbuhan ekonomi kota. Karena itu, Rencana Pembangunan Kota Cimahi Jangka Menengah 2007-2012 untuk meningkatkan infrastruktur ekonomi dan kesempatan kerja; meningkatkan kualitas pendidikan dan penegakan hukum, kualitas lebih baik penyediaan infrastruktur kota; melaksanakan pembangunan berbasis lingkungan hidup dan pengembangan kemitraan.

Industri makanan olahan merupakan produk unggulan Kota Cimahi, diantaranya adalah bandrek Cihanjuang yang pemasarannya sudah lintas Negara serta kue semprong. Pemerintah Kota Cimahi juga sudah waktunya membangun pasar khusus tekstil dan garmen, mengingat jumlah industri tekstil dan produk tekstil lebih dari 400 buah dengan orientasi pasar ekspor.

Selain itu, Cimahi pun memiliki Batik dengan beragam motif yang terdiri dari motif Cireundeu, Ciawitali, Curug Cimahi, Pusdik, dan Kujang. Batik Cimahi telah diperkenalkan pada masyarakat, terutama masyarakat Cimahi, pada bulan Juni 2009 dan bertepatan dengan hari ulang tahun kota Cimahi yang ke-8. Sejak saat itulah upaya-upaya untuk menjaga dan melestarikan batik Cimahi ini mulai dilakukan.Salah satunya yaitu dengan membuka sebuah gerai batik bernama Lembur Batik Cimahi.

Lembur Batik Cimahi merupakan pusat wisata dan belajar batik yang terletak di jalan Pasantren No.131 Cimahi. Selain untuk melestarikan batik, Lembur Batik juga dinilai bisa memberdayakan masyarakat sekitar karena karyawannya merupakan warga sekitar Cimahi.Selain sebagai tempat belajar membatik, pengunjung juga bisa mendapatkan berbagai kriya dan aksesoris berbahan dasar batik seperti kalung, gelang, sandal, sarung bantal, dan sebagainya dengan harga yang cukup terjangkau. Dengan adanya Lembur Batik ini diharapkan kreasi batik Cimahi bisa semakin berkembang dan budaya bangsa pun menjadi semakin kaya.

Selain produk makanan serta batk, Cimahi pun memiliki Gedung Baros Information Technology Creative (BITC),  salah satu fasilitas yang menjadi ikon Kota Cimahi. BITC adalah konsep dari Pemerintah Kota Cimahi yang menjadikan wilayah Baros sebagai pusat kegiatan industri kreatif bidang teknologi informasi khususnya untuk film dan animasi.



WordPress Lightbox Plugin