SHARE

Badan Penghubung Jawa Barat
16482
post-template-default,single,single-post,postid-16482,single-format-standard,bridge-core-2.5.8,ajax_fade,page_not_loaded,,side_area_uncovered_from_content,hide_top_bar_on_mobile_header,qode-theme-ver-24.3,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.4.2,vc_responsive

Kawasan Olahraga Surfing di Pangumbahan

Kawasan Olahraga Surfing di Pangumbahan

Kawasan Pantai Selatan Kabupaten Sukabumi terkenal untuk olah raga Surfing. Sebut saja di Pantai Palabuhanratu dan Pantai Pangumbahan serta kawasan Pantai Ujung Genteng di Kec. Ciracap  Di dua daerah ini, kegiatan olah raga surfing banyak dilakukan oleh masyarakat dan para wisatawan domestik serta  asing. Kegiatan ini membawa daerah tersebut pada kegiatan pelayanan jasa baik penyewaan alat maupun pondokan.

Khusus untuk kawasan Pantai Pangumbahan yang terletak di Kawasan Ujung Genteng sekira 70 Km dari Kawasan Pantai Palabuanratu, pada setiap musim kemarau selalu ramai dikunjungi turis asing khusus untuk berolah raga selancar (surfing).

Menurut penuturan penduduk di sekitar pantai, dalam satu musim terdapat seribu lebih turis asing yang datang. Semua pondokan di daerah tersebut,  penuh dibooking dan bahkan sebagian turis menggunakan kapal pesiar dan berlabuh di pantai Pangumbahan. Turis asing yang biasanya berolah raga surfing di kawasan Pulau Bali, secara perlahan beralih ke Pantai Pangumbahan. Memang kawasan ini masih belum banyak dikunjungi terutama wisatawan lokal. Keadaannya masih sepi dan pantainya tidak bisa digunakan untuk berenang bagi  wisatawan lokal/domestik.

Pantai Pangumbahan memiliki karakter ombak yang besar sekira 1 sampai 3 meter. Tingginya ombak tersebut sangat cocok untuk olah raga surfing. Ombak yang meninggi berjalan cukup lama hingga ke bibir pantai. Kharakter ini sangat digemari para olah ragawan untuk berlama-lama  dipantai. Situasi yang aman, nyaman dan tidak banyak penduduk sungguh dicari oleh turis asing. Tidak saja untuk berolah raga tapi juga sekedar berjemur.

Untuk sampai di lokasi Pantai Pangumbahan bisa dilakukan perjalanan dari berbagai arah. Bisa dari Cianjur menyusuri Pantai Selatan dengan jalur jalan Cidaun. Melalui jalur ini, kondisi jalan sangat rusak. Banyak jalan yang berbatu dan berlubang – lubang. Bisa juga melalui arah Sukabumi dengan menyusuri daerah-daerah seperti : Kecamatan Jampang Tengah, Kecamatan  Lengkong, Kecamatan Waluran, Kecamatan Jampang Kulon,Kecamatan  Surade dan Kecamatan Ciracap. Jarak dari Kota Sukabumi sekira 160 KM dan bisa ditempuh dalam waktu sekira 4 jam.  Melalui jalur ini, jalannya berkelok-kelok namun kondisi jalannya baik dan hanya beberapa kilometer saja yang  rusak.

Kalau dari Kota Bandung menuju kawasan Ujung Genteng dan Pantai Pangumbahan perjalanan ditempuh melewati Kota Cianjur, dan Kota Sukabumi  yang berjarak sekira 90 KM. Dari Kota Sukabumi, kita akan menempuh jarak sekira 140 Km perjalanan ke arah Palabuanratu dan pada kilometer 20, mengarah ke kiri terdapat papan petunjuk yaitu arah Surade. Dari jalan masuk ke Kecamatan Surade kita menempuh jarak sekira 120 KM menuju tujuan Kawasan Ujung Genteng.

Sumber : http://jabarprov.go.id



WordPress Lightbox Plugin