SHARE

Badan Penghubung Jawa Barat
15917
post-template-default,single,single-post,postid-15917,single-format-standard,bridge-core-2.5.8,ajax_fade,page_not_loaded,,side_area_uncovered_from_content,hide_top_bar_on_mobile_header,qode-theme-ver-24.3,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.4.2,vc_responsive

Lentera Gentur

Lentera Gentur

Industri kerajinan rakyat “Lentera Gentur”  adalah industry kerajinan yang memproduksi lampion-lampion indah sejak tahun 1965 dengan Enang saepudin sebagai pemilik gallery lampu gentur adalah generasi ke tiga dari bapak mus” in sebagai pencipta keberadaan lampu gentur ini sejak tahun 1965 lalu dan diwariskan oleh anaknya sejak tahun 1994 usaha mandiri pisah dari orang tua, hingga sekarang diwariskan kepada anak perempuan pak Enang sebagai generasi keempat.

Tempat yang berlokasi di Kampung Gentur Rt 03/ Rw 06 Desa Jambudipa Kecamatan Warungkondang Kabupaten Cianjur Propinsi Jawa Barat ini memiliki tempat show room atau pemajangan hasil karya hanya ditempat yang tak seberapa yang bergabung dengan tempat tinggal keluarga Alm Pak Enang. Menurut cerita yang saya terima dari perbincangan si pemilik bahwa dahulu sewaktu Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berkunjung, beliau pernah berjanji akan memberikan lahan kurang lebih 1000 M2 untuk memperluas lahan show roomnya namun sampai sekarang janji itu belum terlihat implementasinya.

Dalam memproduksi lampion, bahan-bahan yang dibutuhkan tergolong sedikit yaitu hanya bermodalkan kaca, kuningan dan cat. Proses pengerjaannya dilakukan secara sederhana. Potongan kaca dicat dengan cara disemprot. Setelah itu diberi rangka alumunium dan dipatri.

Dengan penjualan mencapai 500 unit per bulan.Pada pemasarannya produk lentera ini bisa dijumpai juga dibeberapa kota wisata seperti puncak bogor, jepara, bali, Jakarta. Berdasarkan hasil wawancara produk ini sudah diekspor ke Eropa dan Timur Tengah. untuk pekerja sendiri terdapat Terdapat 21 kelompok perajin Lentera Gentur yang terdiri dari 80 pekerja. selain menjaga kualitas lentera yang baik dan unik industry rakyat lentera gentur juga selalu menjaga kekonsistenan dalam memenuhi pesanan pelanngannya sehingga pelanggan lokal dan mancanegara puas dan tetap menjadi langganan.

Kab. Cianjur, bukan saja terkenal karena beras, manisan dan ayam pelungnya  tapi juga terkenal dengan lampu hiasnya. Sebutlah “Lampu Hias Gentur” atau Lentera Gentur” yang diproduksi perajin Kab. Cianjur khususnya didaerah Kecamatan Warungkondang. Lentera Gentur ini sudah diekspor hingga ke negara-negara seperti, Jepang, Yunani, Itali, dan negara ASEAN. Terdapat 21 kelompok perajin dan jumlah perajin seluruhnya mencapai sekitar 80 orang.

Sumber : Berbagai Sumber



WordPress Lightbox Plugin