SHARE

Badan Penghubung Jawa Barat
17098
post-template-default,single,single-post,postid-17098,single-format-standard,bridge-core-2.5.8,ajax_fade,page_not_loaded,,side_area_uncovered_from_content,hide_top_bar_on_mobile_header,qode-theme-ver-24.3,qode-theme-bridge,qode_header_in_grid,wpb-js-composer js-comp-ver-6.4.2,vc_responsive

Tari Wangsa Suta

Tari Wangsa Suta

Hello Guys !!!
Wilujeng enjing #wargijabar …

Tari Wangsa Suta adalah salah satu tarian tradisonal yang berasal dari Jawa Barat yang ditampilkan secara berkelompok. Tari Wangsa Suta ini merupakan salah satu tarian tradisional yang cukup populer di Jawa Barat dan masih sering dipentaskan dalam acara-acara, seperti penyambutan tamu besar, pernikahan dan juga acara-acara lainnya.

Dalam Pertunjukannya, Tari Wangsa Suta ini biasanya ditarikan oleh 7 (tujuh) orang penari yang keseluruhannya laki-laki. Tarian ini menampilkan sosok seorang Wangsa Suta sebagai pemimpin. Dalam gerakannya, para penari Wangsa Suta ini seperti memperlihatkan aneka bentuk formasi di dalam peperangan. Dua penari di bagian depan membentuk formasi dan kemudian meloncat dengan rancak sambil berputar. Pada gerakan awal Tari Wangsa Suta ini, para penari seperti sedang menggambarkan keadaan siap perang. Pergerakan tangan serta kaki yang perlahan-lahan dan juga tatapan mata para penari yang menoleh ke arah kanan dan ke kiri sambil berjalan di sekitar area panggung.

Busana yang digunakan para penari dalam Tari Wangsa Suta ini biasanya busana serba kuning layaknya hulu balang dari kerajaan mereka. Busana yang dipakai oleh para penari ini mengedepankan desain serta warna yang bersumber dari seni dan tradisi rakyat Jawa Barat. Selain itu, para penari juga akan dirias setampan mungkin dengan maksud mempertegas aksen dari para penarinya.

Dalam membuat pertunjukan Tari Wangsa Suta ini semakin hidup, tarian ini biasanya diiringi dengan alat musik tradisional gamelan yang sekilas seperti alunan musik dari bali, hanya saja terdapat tambahan bunyi dari alat musik suling.

#kesenianjawabarat #senitari #budayajabar #smilingwestjava #banhubjabar #anjunganjawabarat
design & olah data : Windi Rusdiana



WordPress Lightbox Plugin